BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Di era Teknologi Informasi ini, situs atau lebih dekenal dengan istilah website merupakan alat yang ampuh untuk memberikan informasi kepada publik. Banyak orang ataupun lembaga yang menggunakan website seperti Perusahaan Barang dan Jasa bahkan sekolah sekalipun.
Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari Lembaga Pendidikan (Sekolah) dari adanya website. Dengan website, sekolah mampu menerapkan sistem pembelajaran berbasis e-Learning, memberikan informasi tentang sistem pendidikannya sekaligus alat promosi kepada publik. Website juga mampu membantu beberapa pekerjaan baik siswa, guru, bagian tata usaha maupun kepala sekolah. Selain itu, website juga mampu menunjukan citra sekolah itu sendiri dimata publik karena website bisa menggambarkan karakter yang dimiliki sekolah.
B. Ruang Lingkup Masalah
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Cililin diindikasikan akan sangat membutuhkan sebuah website resmi. Website tersebut diperlukan untuk :
- Memberikan informasi tentang MAN Cililin khususnya kepada calon siswa dan umumnya kepada masyarakat
- Membantu guru dan TU dalam mengolah informasi.
- Memberikan wadah bagi siswa untuk berkreasi dan berbagi.
- Menerapkan e-Learning.
C. Tujuan
Website MAN Cililin ini ditujukan untuk :
1. Memberikan informasi visi dan misi MAN Cililin
2. Memberikan informasi alamat lengkap MAN Cililin
3. Memberikan informasi tentang kegiatan-kegiatan di MAN Cililin
4. Memberikan ruang kepada siswa untuk berkreasi (blogging)
5. Memberikan ruang kepada seluruh elemen sekolah untuk berdiskusi (forum)
6. Membantu guru memberikan pelajaran, tugas dan informasi nilai kepada siswa.
7. Menyediakan tempat untuk berdiskusi secara on-line.
8. Kepala Sekolah mampu menampung aspirasi serta melihat perkembangan sekolah yang dipimpinnya.
BAB II
METODOLOGI DAN KEBUTUHAN
A. Metodologi
Metodologi adalah dasar yang dijadikan acuan dalam pengembangan perangkat lunak ini. Metodologi yang digunakan dalam pengembangan website MAN Cililin adalah metode Spiral.
Metode / Model spiral (spiral model) yang pada awalnya diusulkan oleh Boehm adalah model proses perangkat lunak yang evolusioner yang merangkai sifat iteratif dari prototipe
dengan cara kontrol dan aspek sistematis dari model sekuensial linier. Di
dalam model spiral, perangkat lunak dikembangkan di dalam suatu deretan
pertambahan.
Selama awal iterasi, rilis inkremental bisa merupakan sebuah model atau
prototipe kertas. Selama iterasi berikutnya, sedikit demi sedikit dihasilkan versi sistem rekayasa yang lebih lengkap.
Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan dengan model ini adalah :
1. Komunikasi Pelanggan
Komunikasi kepada pelanggan dalam hal ini adalah pihak sekolah dibangun untuk menganalisis kebutuhan-kebutuhan dari pihak sekolah.
2. Perencanaan Tugas-tugas
Perencanaan dilakukan untuk mempersiapkan dan mendefinisikan sumber daya, waktu serta tahapan proses. Ini dilakukan oleh pengembang yang dikomunikasikan kepada pelanggan.
3. Analisis resiko
Menganalisis dan mengidentifikasi resiko-resiko yang bisa terjadi baik itu teknis ataupun manajerial jika terjadi kesalahan. Mempersiapkan beberapa rencana untuk menghadapi beberapa resiko tersebut.
4. Perekayasaan
Perekayasaan disusun oleh pengembang untuk menuliskan tahapan-tahapan atau proses pengembangan website. Disini mulai merepresentasikan masalah menjadi rancangan sistem.
5. Konstruksi dan Peluncuran
Konstruksi (pembuatan) website dilakukan oleh pengembang jika perlu dibantu oleh ahli. Disini dilakukan proses installasi, pengujian serta peluncuran.
Seiring dengan peluncuran maka dilakukan proses pelatihan kepada user dan pelanggan tentang tatacara pemakaian dan hak-hak nya.
6. Evaluasi Pelanggan
Evaluasi Pelanggan direpresentasikan dengan memberikan penilaian secara langsung terhadap website yang sudah diluncurkan. Penilaian dari pelanggan bisa dilihat dari jumlah infaq (donasi) dalam pengembangan Website ini.
Penilaian dari pengguna dilakukan dengan menambahkan fitur jajak pendapat di website tersebut dengan 3 poin yaitu :
- Penggunaan : Mudah / Standar / Susah
- Informasi : Lengkap / Cukup / Kurang
- Desain : Menarik / Biasa / Tidak menarik
B. Kebutuhan
1. Biaya
Berikut adalah jenis donasi serta biaya yang dibutuhkan:
No.
Jenis
Infaq (Donasi)
Keterangan
1
Ikhlas
(Freeware)
Di tentukan pelanggan
- Hak akses website
- Akun website
- Pelatihan
2
Alhammdulillah
(Shareware)
Rp. 700.000
- Hak akses website
- Akun website
- Pelatihan + panduan
- Perawatan (maintenance)
- Hosting gratis
3
Subhanallah
(Open Source)
> Rp. 1.500.000
- Hak akses website
- Akun website
- pelatihan + panduan
- perawatan (maintenance)
- Source Code Program (php, html, css, database)
- Hosting berbayar 1 tahun
- Akun webmaster
2. Kebutuhan Sistem
Sistem minimal yang dibutuhkan untuk Pengembangan :
No.
Sistem
Jumlah
Spesifikasi
1
CPU (Notebook)
1
- Intel Celeron 2.13 GHz
- Ram 1,5 Gb
- HDD 20 Gb
- Akses Internet
2
Sistem Operasi
2
- Linux Ubuntu
- Microsoft Windows XP
3
Tool
13
- Bluefish
- Kompozer
- Drupal CMS
- Codefigth CMS
- Codeigniter Framework
- Libre Office
- Ms. Office
- Dia
- Ms. Visio
- Adobe Flash
- Adobe Photoshop
- Gimpp
- Php 5
4
Database Management System (DBMS)
2
- Mysql 5 (Xampp 1.7)
- Hosting
Sistem minimal yang dibutuhkan untuk Implementasi:
No.
Sistem
Jumlah
Spesifikasi
1
CPU
1
- Intel P4 (1,7 GHz)
- Ram 1 Gb
- HDD 20 Gb
- Akses Internet
2
Sistem Operasi
1
- Linux atau Ms. Windows
3
Database Management System (DBMS)
1
- Hosting
3. Pelatihan
Kebutuhan-kebutuhan untuk pelatihan dan launching.
No.
Alat
Jumlah
1
Ruangan Multimedia (LCD Proyektor + Sound)
1
2
Laboratorium Komputer
1
3
Buku Panduan (Print Out + Softfile)
disesuaikan
C. Jadwal Proyek
Berikut adalah jadwal serta tahapan dalam pengembangan website.
No.
Kegiatan
Juli
Agustus
September
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
1
Komunikasi
2
Perencanaan Tugas
3
Analisis Resiko
4
Perekayasaan
5
Konstruksi
6
Peluncuran
7
Evaluasi
D. Sumber Daya Manusia
No.
Nama
Status
Jabatan
Jobdesk
Gaji
1
Ihsan Fauzi Rahman
Mahasiswa
Pimpinan Proyek dan Pengembang
Memenej Proyek
Mengembangkan Website
Melakukan Pengujian
Memerikan Pelatihan
disesuaikan
2
Ditentukan pihak sekolah
Guru / Pegawai
Admin
Memegang akun administrator
-
3
Ditentukan pihak sekolah
Guru / Pegawai
Content Manager
Mengatur konten website
-
BAB III
DESAIN
A. Data Flow Diagram (Diagram Alir Data)
B. Entity-Relationship Diagram (Diagram Relasi Entitas)
C. User Interface (Tampilan muka pengguna)
Untuk tampilan website akan distandarkan dengan website lain yang sejenis. Berikut adalah contoh tampilan salah satu website sekolah :
BAB IV
PENUTUPAN
Demikian proposal yang saya ajukan ini, semoga maksud dan tujuan tersampaikan dan dipahami dengan baik. Hal-hal yang menyangkut persetujuan atau perjanjian akan dibahas dikemudian hari.
Semoga kita bisa menjalin kerjasama dalam mengembangkan website ini. Terimakasih atas perhatian bapak / ibu.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Ketua Proyek
Ihsan Fauzi Rahman
DOWNLOAD VERSI PDF
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
makasih mas atas contoh proposalnya sangat membantu sekali, semoga bermanfaat.
BalasHapus